TUGAS MODUL 3.1.a.7 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
TUGAS MODUL 3.1.a.7 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
Oleh
YENNI
AGUS, S.Pd
SMAS CENDANA MANDAU
CGP ANGKATAN 2 KABUPATEN
BENGKALIS
FASILITATOR : Drs. Firdaus M.Pd PENGAJAR PRAKTIK : Desrina,
S.Pd AUD
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
Sebagai pemimpin pembelajaran kita akan dihadapkan
dengan tugas tersulit yaitu sebagai “pengambil keputusan yang efektif”. Karena
keputusan yang kita ambil baik secara langsung atau tidak langsung dapat
menentukan arah dan tujuan yang kita pimpin yang nantinya akan berdampak pada
kualitas pendidikan yang didapat oleh murid.
Pada modul 3.1 ini saya belajar tentang peran kita sebagai pemimpin
pembelajaran agar dapat mengambil keputusan yang efektif saat menghadapi
masalah atau dilema di sekolah/lingkungan. Modul ini diawali dengan mengajarkan
kita cara membedakan masalah yang kita hadapi apakah dilema etika dan bujukan
moral, jika Dilema etika maka ada 2 keadaan dimana keduanya adalah benar
namun saling bertentangan sehingga ada dilema yang kita rasakan ketika akan mengambil
keputusan. Sementara jika Bujukan Moral ada 2 keadaan dimana
salah satunya adalah benar dan yang lainnya
salah. Sehingga kita mudah saja mengambil keputusan
dengan cara memberikan sebuah bujukan atau negosiasi terhadap
keadaan yang kita anggap salah. kemudian ada 9 langkah pengambilan dan pengujian
keputusan yang terdiri dari :
1. Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang bertentangan dalam kasus tersebut.
2.
Menentukan siapa saja yang terlibat
dalam kasus tersebut.
3. Apa fakta yang relevan terhadap kasus tersebut.
4.
Pengujian benar atau salah, meliputi
:
a.
Uji Legalitas : apakah kasus menyangkut aspek pelanggaran hukum
b. Uji Regulasi
: jika tidak ada pelanggaran hukum maka uji regulasi dilakukan yaitu apakah kasus
menyangkut aspek pelanggaran
peraturan atau kode etik.
c.
Uji Intuisi : apakah ada yang salah dalam situasi
kasus tersebut.
d. Uji halaman depan koran/publikasi : apa yang dirasakan jika keputusan dipublikasikan
e. Uji Idola : apa yang dilakukan
oleh panutan atau idola kita dengan kasus yang sama.
5. Menentukan paradigma
yang terjadi. Ada 4 paradigma yang bisa kita pilih.
a.
Individu lawan masyarakat
(individual vs community)
b. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
c. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
d.
Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)
6. Prinsip apa yang dipakai dalam mengambil
keputusan. Ada 3 prinsip yang bisa kita gunakan,
a. Prinsip berbasis
Hasil akhir ( Ends -Based Thinking)
b. Prinsip berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)
c. Prinsip berbasis Rasa peduli (Care-Based Thinking)
7. Investigasi Opsi Trilemma ; yaitu suatu tindakan yang kreatif yang tidak terpikir
sebelumnya dalam mengambil keputusan.
8. Menentukan keputusan
.
9.
Refleksi terhadap keputusan
yang diambil.
Inti dari modul ini adalah bagaimana kita bersikap reflektif, kritis,
kreatif dan terbuka dalam menganalisis dilema yang dihadapi dan mampu mengambil
sebuah keputusan yang efektif
Pertanyaan pertama : Bagaimana
Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di
program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
Saya akan mentransfer dan
menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di Program Guru Penggerak ini di sekolah dengan cara berkolaborasi dengan sesama CGP
yang ada di sekolah untuk mensosialisakan program ini melalui Komunitas
Praktisi yang telah kami bentuk
Pertanyaan kedua : Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk
memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?
Langkah awal yang akan saya
lakukan untuk memulai mengambil
keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran
1.
Membuat Pemetaan Masalah
2.
Merumuskan langkah langkah
penyelesaian masalah dengan Mengedepankan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan 4 Paradigma dan 3 Prinsip dilema etika
3.
Berkoordinasi dengan
pemangku kepentingan
Pertanyaan Ketiga : Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah
tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga
Anda tidak lupa
In shaa Allah mulai Senin, 13 September 2021
Rencana kegiatan :
1.
Ketika ada permasalahan
dengan siswa
2.
Saat teman sejawat sedang
mengalami kesulitan atau permasalahan
3.
Saat ada masalah di sekolah
4.
Ketika ada masalah pribadi
Pertanyaan Keempat : Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam
menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang
akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda
ambil telah tepat dan efektif
Yang akan menjadi pendamping
dan teman diskusi saya dalam menjalankan peran sebagai pengambil keputusan
dalam pemimpin pembelajaran adalah :
●
Rekan sesama CGP di sekolah
( di sekolah kami ada 6 CGP Angk 2 ini)
●
Teman sejawat
●
Kepala Sekolah
Salam Guru Penggerak
Komentar
Posting Komentar