TUGAS MODUL 3.1.a.7 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

 

 

 

TUGAS MODUL 3.1.a.7 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL

PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

 

           YENNI AGUS, S.Pd

SMAS CENDANA MANDAU

CGP ANGKATAN 2 KABUPATEN BENGKALIS

 

FASILITATOR                : Drs. Firdaus M.Pd PENGAJAR PRAKTIK : Desrina, S.Pd AUD

 







PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN  PEMBELAJARAN

 

Sebagai pemimpin pembelajaran kita akan dihadapkan dengan tugas tersulit yaitu sebagai “pengambil keputusan yang efektif”. Karena keputusan yang kita ambil baik secara langsung atau tidak langsung dapat menentukan arah dan tujuan yang kita pimpin yang nantinya akan berdampak pada kualitas pendidikan yang didapat oleh murid.

 

Pada modul 3.1 ini saya belajar tentang peran kita sebagai pemimpin pembelajaran agar dapat mengambil keputusan yang efektif saat menghadapi masalah atau dilema di sekolah/lingkungan. Modul ini diawali dengan mengajarkan kita cara membedakan masalah yang kita hadapi apakah dilema etika dan bujukan moral, jika Dilema etika maka ada 2 keadaan dimana keduanya adalah benar namun saling bertentangan sehingga ada dilema yang kita rasakan ketika akan mengambil keputusan. Sementara jika Bujukan Moral ada 2 keadaan dimana salah satunya adalah benar dan yang lainnya salah. Sehingga kita mudah saja mengambil keputusan dengan cara memberikan sebuah bujukan atau negosiasi terhadap keadaan yang kita anggap salah. kemudian ada 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan yang terdiri dari :

1.  Mengenali bahwa ada nilai-nilai yang bertentangan dalam kasus tersebut.

2.  Menentukan siapa saja yang terlibat dalam kasus tersebut.

3.  Apa fakta yang relevan terhadap kasus tersebut.

4.  Pengujian benar atau salah, meliputi :

a.      Uji Legalitas : apakah kasus menyangkut aspek pelanggaran hukum

b.      Uji Regulasi : jika tidak ada pelanggaran hukum maka uji regulasi dilakukan yaitu apakah kasus menyangkut aspek pelanggaran peraturan atau kode  etik.

c.      Uji Intuisi : apakah ada yang salah dalam situasi kasus tersebut.

d.      Uji halaman depan koran/publikasi : apa yang dirasakan jika keputusan dipublikasikan

e.      Uji Idola : apa yang dilakukan oleh panutan atau idola kita dengan kasus yang sama.

5.  Menentukan paradigma yang terjadi. Ada 4 paradigma yang    bisa kita pilih.

a.       Individu lawan masyarakat (individual vs community)

b.       Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)

c.       Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)

d.       Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

 

6.  Prinsip apa yang dipakai dalam mengambil keputusan. Ada 3 prinsip yang   bisa kita gunakan,

a.       Prinsip berbasis Hasil akhir ( Ends -Based Thinking)

b.      Prinsip berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)

c.       Prinsip berbasis Rasa peduli (Care-Based Thinking)

 

7.  Investigasi Opsi Trilemma ; yaitu suatu tindakan yang kreatif yang tidak terpikir sebelumnya dalam mengambil keputusan.

8.  Menentukan keputusan .

9.  Refleksi terhadap keputusan yang diambil.

 

Inti dari modul ini adalah bagaimana kita bersikap reflektif, kritis, kreatif dan terbuka dalam menganalisis dilema yang dihadapi dan mampu mengambil sebuah keputusan yang efektif


Pertanyaan pertama : Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

 

Saya akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di Program Guru Penggerak ini di sekolah  dengan cara berkolaborasi dengan sesama CGP yang ada di sekolah untuk mensosialisakan program ini melalui Komunitas Praktisi yang telah kami bentuk

 

Pertanyaan kedua : Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

 

Langkah awal yang akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran

1.       Membuat Pemetaan Masalah

2.       Merumuskan langkah langkah penyelesaian masalah dengan Mengedepankan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan 4 Paradigma dan 3 Prinsip dilema etika

3.       Berkoordinasi dengan pemangku kepentingan

 

Pertanyaan Ketiga : Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa

 

In shaa Allah mulai Senin, 13 September 2021

Rencana kegiatan :

1.       Ketika ada permasalahan dengan siswa

2.       Saat teman sejawat sedang mengalami kesulitan atau permasalahan

3.       Saat ada masalah di sekolah

4.       Ketika ada masalah pribadi

 

Pertanyaan Keempat : Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif

 

Yang akan menjadi pendamping dan teman diskusi saya dalam menjalankan peran sebagai pengambil keputusan dalam pemimpin pembelajaran adalah :

        Rekan sesama CGP di sekolah ( di sekolah kami ada 6 CGP Angk 2 ini)

        Teman sejawat

        Kepala Sekolah

 

 

 

Salam Guru Penggerak

Komentar

Postingan populer dari blog ini